Jumat, 26 Februari 2016

Kebumian itu….

Kembali buka setelah lama ditutup. Sebenernya ada beberapa alasan kenapa gue menutup sementara blog ini. Gue baru sadar isinya gak bermutu tapi bermakna bagi sebagian orang :v . oke.

“Kou menurut lo kebumian itu gimana?”
“Ya tentang bumi, Sen. Tentang alam dan isinya.”

Kalo menurut kalian apa?
Baiklah. Disini gue bakal beri sedikit opini gue tentang kebumian.
Kebumian itu apa sih?

Menurut gue apa yang dibilang Kouhai bener. Tapi menurut gue sendiri kebumian itu adalah disaat lo mempelajari apa yang gak lo sadari. Bingung? Sebenernya kebumian itu dekat sama kehidupan sehari-hari kita. Gak melulu batu dan batu. Sering kalo ditanya temen “Eh kamu ikut mapel apa?” gue jawab kebumian. “Oh yang batu-batu itu ya?” iya sih batu tapi gak melulu batu. Kenapa? Secara gamblang, anak-anak kebumian mempelajari 4 hal. Geologi,Meteorologi,Hidrosfer,Astronomi. Iya cukup empat tapi sub bab-nya bejibun. “Bukannya itu buat IPS ya?” ya… bisa dibilang buat IPS bisa dibilang buat IPA. Tapi jangan disamaain dengan geografi. Iya kita punya beberapa kesamaan. Bedanya sih menurutku geografi itu disambung-sambungin ke kehidupan sosial. Namanya juga pelajaran ilmu sosial. Tapi disini kita lebih condong ke arah IPA. Ya.. karena lebih ke IPA. Selain menghafal banyak materi kita juga menghitung. Menghafalnya juga bukan cuma proses pembentukan ini itu, tapi ada hubungannya juga dengan biologi. Kok bisa? Pernah lihat batu yang ada fosilnya? Nah di situ kita harus tau apa nama ilmiah dari binatang-binatang itu. Misalnya ada cangkang, gak bisa kamu bilang itu dari siput, tapi dari filum apa kelas apa dsb. Nyambung ke kimia, komposisi kimia dari batuan. Nantinya bisa dihubung-hubungin sama kejadian yang akan terjadi jika batuan tersebut ketambahan zat ini atau zat itu. Fisika, gunanya buat menghitung sesuatu yang berbau astronomi, oceanografi (hidrosfer). Jadi sebenernya kebumian itu lebih cocok buat anak IPA karena biasanya dibekali dengan ilmu-ilmu dasar terlebih dahulu. Terus yang IPS gimana? Kalo emang udah niat semuanya bisa. Gak masalah IPA pilih mapel IPS kalo emang dia niat. Buktinya STAN masih laris dikerubungi lulusan IPA.

Balik lagi. Dekat sama kehidupan sehari-hari gimana? Iklim dan cuaca. Itu dekat. Siang panas malem hujan. Kenapa? Nah disitu kebumian bisa tau alesannya. Terus contoh lain. Kalian pernah liburan ke gunung, ke pantai, ke candi, ke rumah temen? Ke rumah temen kok liburan.. janganlah kasihan dia. Pernah gak terbesit dipikiran kalian, gimana semua ini bisa ada? Gimana proses terjadinya? Kalo gunung, pantai, itu mungkin udah biasa ya. Yaiyalah itu kan buatan alam. Alami. Nah ini candi.. pernah gak berpikir gimana caranya buat candi? Dari batu apa? Batunya dari mana? Kok warnanya bisa gini nih batu? Itu juga yang mendasari gue ngepost postingan macam ni.

Sejak kecil gue sering main ke rumah eyang gue di sebuah tempat yang dekat dengan gunung dan laut. Sejak kecil gue biasa aja dengan itu. Tapi ada beberapa hal yang gue sempet bingung. Kenapa ada pegunungan di dekat laut? Bukannya gunung itu ada aktivitas vulkaniknya ya? kok gak pernah meletus? *lho* tapi serius gue dulu penasaran banget. Dan jawaban itu baru gue temuin setelah masuk SMA dan ikut kebumian. Begitu juga disaat gue berpikir, kok ada sungai di dalem gua? Kok ada “pulau” ditengah sungai deket rumah? Kok Gunungkidul sering kesulitan air? Kok kalo purnama air laut pasang? Kok mataharinya terbit jauh banget dari timur, mau kiamat,kah? Tobat deh… *lol* Gue pikir awalnya itu sebuah hal yang biasa aja. Gue pikir itu gak penting. Tapi setelah ikut kebumian gue jadi merasa, kok gue bisa gak sadar ya ada ini dan itu? padahal sering kita lihat tapi gak tau apa-apa tentang itu. seperti.. oh hujan. Yaudah. Selesai. Bener-bener deket sama kehidupan kita tapi kita gak sadar sering ketemu sama yang kita pelajari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar