Minggu, 24 Desember 2023

Takut Tambah Dewasa (4)

Wah, bisa nulis lagi di part 4 TTD. Well... di part ini, gue mau cerita pengalaman gue gonta-ganti kos 4x dalam setahun. Ribet gak tuh angkut-angkut barang kosan. Apalagi waktu itu lagi masa pandemi, yang mana gue harus berjuang sendirian di kos ngemasin barang-barang.

----

Pertama. Gue udah lama banget di kos gue yang pertama ini. Kost gue ini 10 menit jalan kaki sampe ke kampus. Gue tau ni kost-kostan dari temen SMA gue. Jadi awalnya gue ngekos bareng temen gue. Sampai akhirnya di tahun 2020, temen gue out dari kos dan pilih kuliah onlen di rumah. Jujur aja gue gak ada masalah sama sekali. Gue menjalani kehidupan perkuliahan dengan aman dan nyaman. Kos gue ini gak ada jam malem dan kamarnya gak terlalu banyak + ada ibu kos yang tinggal di depan. Semuanya baik-baik saja meskipun ada juga orang-orang kos yang nyebelin. Yaa tipikal orang nyebelin lah, yang kalo habis masak gak langsung diberesih, rendem cucian lama banget, pake kamar mandi berjam-jam, tapi semuanya masih mending daripada suatu kejadian yang bikin gue milih out dari kos ini.

Waktu itu awal tahun 2021. Posisinya di situ gue ngekos sendirian + si ibu kos udah pindah rumah beberapa tahun lalu. Rumah si ibu kos ini akhirnya disewakan, no problem sih sebenernya, yang bikin masalah adalah si pengelola persewaan ini. Ada 1 orang pegawai pengelola persewaan rumah yang nginep di situ. Gue gak ngerti jobdesk dia itu cuma ngurusin orang yang nyewa rumah atau sama beres-beres rumah juga. Kalo dilihat dari penampilannya, harusnya si orang ini tuh bawaannya adem karena dia pakaiannya syar'i gitu sampe pake hijab lebar. Eh tapi kok kelakukannya jahanam. Why?

1. Dia pake kasur temen gue tanpa ijin.

Awal mulanya ada temen gue yang nginep di kosan gue tahun 2020, dia nginep bareng gue selama beberapa bulan. Waktu itu ada beberapa orang yang ngekos juga. Udah agak akrab juga gue sama orang-orang kos baru. Sampailah di titik di mana temen gue harus balik. Okelah. Setelah itu, si orang-orang kos ini pinjem kasur temen gue, gue sih gak masalah. Tapi yang bikin masalah adalah si pegawai ini dateng nginep di kos dan minjem kasur temen gue tanpa ijin ke gue. Padahal si orang kos yang gue kenal ini udah bilang ke si pegawai ini. Bahkan sampe gue mulai ngekos lagi, tuh orang gak ada itikad baik buat ngomong ke gue, sekedar basa-basi kalo dia pinjem tuh kasur dan mau minjem lebih lama lagi. Gue kesel dan gue ngadu ke temen gue. Tapi karena dasarnya emang temen gue ni baik, dia bilang "gak papa, pake aja". Kalo udah dibilang gitu ya mau gimana lagi, meskipun dalam hati gue kesel banget.

2. Teflon + selang air gue ilang

Yes. Wajan teflon gue + selang air ilang gak tau kemana. Wajan teflon ini seinget gue gue pake buat masak terus gue cuci dan gue taruh di rak piring biar kering dulu baru ntar gue masukin kamar. EHHH waktu gue mau ambil, tiba-tiba tu wajan ilang. GILA GA SIH. Gue cari kemana-mana gak ketemu. Pada akhirnya gue terpaksa ambil teflon di rumah ibu kos padahal waktu itu lagi ada yang sewa rumah (yang nyewa lagi pergi). Gue gak peduli sih waktu itu, yang penting teflon gue balik. Selang air juga sama. Awalnya di kamar mandi ada selang air tapi setelah ada orang itu, selang air tiba-tiba hilang. Karena gak mau memperuwet diri, gue beli. Eh baru beberapa hari, ilang tuh selang. Gue juga sempet tanya ke dia, dia bilang gak tau. Yaudahlah bodo amat.

3. Hobi nyindir tapi gak tau diri

Gue pernah cuci piring yang bersih tanpa sisa nasi atau sisa makanan apapun di wastafel cuci tangan. Beberapa jam setelah gue cuci piring di situ, ada tulisan "dilarang mencuci di wastafel, bikin mampet" MATANE. Padahal gue gak bego, Gue tau diri kalo mau nyuci di tempat kayak gitu. Gue udah lebih paham daripada dia. Gue udah liat sendiri seberapa sering dulu mbak-mbak kos bikin tuh wastafel mampet. Munafiknya dia adalah, tiap dia masak, dia gak pernah langsung beresin tuh dapur, selalu numpuk cucian pokoknya. IDIH.

4. Ngunci pintu

Dan ini kasus yang paling parah. PARAH BANGET sampe bikin gue memutuskan untuk out.

Kos gue kan gak ada jam malem ya, jadi gue bisa kapan aja tuh balik kos. DAN itu ada dari dulu. Setelah kedatangan si dakjal ini, gue jadi sering kekunci di luar. Bukan karena gue gak punya kunci, tapi karena pintunya diselot sama dia dari dalem. 1 2 kali, gue masih ngehubungin tuh orang buat dibukain, tapi kok makin lama makin gak tau diri. Gue beneran dikunciin sampe-sampe gue harus cari celah (literally cari celah) buat bisa masuk lewat pintu samping. Udah bener nih gue nemu pintu samping, EHHH tuh selot pintu samping malah sengaja dibikin biar gue gak bisa ngebuka pintu itu. Sumpah disitu gue udah kesel banget. Sampe ada masa di mana gue nginep di kos temen gue. Paginya gue marahin tuh orang, OTAKNYA KAGA DIPAKE EMANG.

Karena males berurusan lagi sama orang gak punya otak, akhirnya gue milih out. Gue kemasin barang sendiri dan cabut dari kosan jahanam itu.

Oiya bonus: sepatu lapangan, sepatu boots pinjeman gue dibuang sama ibu-ibu yang disuruh bersihin kosan. Gue curiga itu disuruh sama si pengelola persewaan. Hadeh, gue cuma bisa bilang kalo keduanya gaada otak.


Next, gue pindah ke kos an yang paling laris di daerah belakang kampung sebelah fakultas. Kosnya sih oke-oke aja ya, 3 lantai, kamar mandi 4 biji per lantainya, ada dapur per lantai juga, ada ruang bersama. Cuman minusnya yaaa akhlak penghuni kos. Gila aja tiap ada yang masak di dapur pasti ada aja sampah yang gak diberesin. Nyuci baju juga gak langsung dicuci tapi malah direndem lama sampe gue bingung embernya kagak ada. Ngejemur juga gitu, berhari-hari kagak diangkat tuh jemuran. Tapi di kos ini gue cuma bertahan 3 bulan, bukan karena kelakuan nir akhlak penghuninya tapi lebih ke keadaan aja sih.

Next, gue pindah ke kos "horor". Why? Karena kos ini terlihat seperti rumah gak sehat, tempatnya gelap, lembab, kurang ventilasi. Berasa engap gitu bawaannya. Yaaa mau gimana, harganya aja murah. Kalo gak salah sih 500ribuan perbulan dan bisa sewa sebulan. Minusnya sih 500ribu tuh baru kamar aja, belum listrik, air, sampah. Well, not too bad sih meskipun horor. Ruang jemurnya kecil banget untuk kosan dengan kamar lebih dari 10 dan agak bahaya karena tangga turun dari ruang jemur tuh kagak ada pembatas. Penghuni kosnya gak resek sih, cenderung individualis dan gak berisik, cuma ya lingkungannya agak gak sehat. Akhirnya gue out karena disuruh ortu dan ortu tau kalo kosnya gak sehat.

Next, gue pindah ke kos yang menurut gue terbaik daripada kos-kos gue sebelumnya. Kita bahas dari segi lingkungan. Kos ini ada di daerah yang sepi-sepi rame. Dibilang rame iya, dibilang sepi iya. Rame karena dia deket masjid yang mana pasti ada aja orang lewat, sepi karena yang lewat jalan itu palingan orang yang ngekos di daerah sana + orang mau ke masjid. Jeleknya sih orang sini masih pada suka bakar sampah entah kenapa. Meskipun di bantaran sungai, tapi jarak sungai ke kosan tuh agak jauh dikit sih. 

Dari segi bangunan dan fasilitas. Ukuran kamarnya normal, 3x3, gak sempit dan gak luas. Harga wajar 750k dengan fasilitas meja, kursi kalo mau, kipas, lemari, kasur, KM luar, dapur, kulkas, wifi, MESIN CUCI, parkiran. Yes guis, mesin cuci. Kos mana yang ada mesin cucinya coba? Ajib bener emang nih kosan. Ya gue gak tau sih kenapa di sini ada mesin cuci. Apakah karena anak ibu kos juga ngekos di sini jadinya dibeliin mesin cuci ape begimane. Tapi bodo amat lah ya yang penting mesin cuci ini bener-bener ngebantu banget buat anak kosan kek gue. Minusnya sih ada beberapa anak kosan yang suka somehow kelupaan kalo mereka nyuci baju. Alhasil tuh baju berjam-jam kagak dijemur. Akhirnya sih gue pindahin tuh baju kemane dulu gitu biar gue bisa pake tuh barang.

Dari segi manusianya nih sekarang. Well, penghuni kosan di sini sih nggak se-nyebelin mbak-mbak random di kosan pertama sih. Ya ada yang jorok, ada yang biasa aja, ada yang suka bagi-bagi makanan. Not too special sih. Cuman emang kalo markir motor kadang suka gak ngotak. Ya mau gimana, parkirnya juga agak sempit sih kalo 10 orang bawa motor semua.


Yes dan itulah cerita gue pindahan kos berkali-kali. Ada yang dipaksa keadaan, ada yang dipaksa manusia nir akhlak. Tapi untungnya du akhir masa perkuliahan gue dapet kos yang cukup nyaman buat ngerjain skripsi, lumayan deket kampus, dan tanpa jam malam. Ahahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar