Jumat, 21 Agustus 2015

Semua Berubah Sejak Negeri Menyerang

"Dahulu kala Fobia hidup dalam ketidakpastian. Namun semua berubah, sejak sekolah negeri menyerang. Hanya iman kuatlah yang bisa membantu. Tapi saat kita masuk sana, dia memudar."
"Sen, opening macam apa itu?"
"Biar terlihat (to)lol aja, Kou."

Dari prolog yang (to)lol tadi, kalian udah tau gue mau ngomongin apa? Gak? Oke, gue perjelas. Ini cuma cerita gue yang miris sama temen-temen SMP gue dulu. Mereka masuk sekolah negeri tapi kelakuannya gak berubah. Berubah ke arah yang lebih baik maksudnya. Gue yakin, gue sendiri juga berubah, entah itu ke arah baik atau tidak cuma temen-temen yang bisa menilai diri gue.
Bicara tentang prinsip, entah mereka gak tau atau nekat, prinsip pertama di SMP gue adalah gak boleh pacaran. Gue perjelas GAK BOLEH PACARAN. Namun kenyataannya masih banyak temen gue yang pacaran. Baiklah, masa remaja, masa dimana lo butuh perhatian. Kalo di rumah lo kagak dapet perhatian, biasanya lo bakal cari di tempat lain, bisa jadi itu temen sesama jenis atau malah bukan. Di saat lo dapet perhatian dari mereka, terutama yang beda jenis, lo bakal merasa nyaman sama dia dan gak ingin lepas dari dia. Sebenernya sama sih rasanya kayak lo dapet perhatian dari temen sesama jenis lo *pie?. Lupakan tentang teori muluk ini. Jadi, karena itulah si doi (cowok) ingin selalu berada di sisi deknen (cewek). Nah, untuk 'melegalkannya' banyak remaja yang langsung ambil jalan pintas. Apalagi kalo bukan pacaran. "Hubungan tanpa status, Sen!" Hubungan tanpa status pacaran, tapi kakak-adekan, emang Pramuka?
Ada banyak manfaat dari pacaran tapi kerugiannya lebih banyak.
sumber tertera
Tapi, peraturan di SMP gue bagai angin yang hanya menggerakkan dedaunan saja lalu menghilang. Gak mengena di hati mereka yang gak kena. Buktinya masih banyak yang melanggar dan keterusan sampe SMA. Anehnya, ada yang bangga waktu ditanya,
"Eh, lu udah punya mantan berapa?" 
"Ratusan, bro. Keren, gak?"
"Emang Tang*o, Lu itu keren, ganteng, cakep, wow atau murahan, sih?"
*jleb. 

Kalo udah gitu, kemana harga diri lo? Harga diri lo mau cuma sekedar cocard Pradana, cocard diklat, cocard LM, cocard MOS, cocard SII? Cocard apalagi? Bukan cuma sekedar itu. Cocard mah bukan harga diri, bukan identitas (tapi harga dirinya itu waktu beli kertas cocard dan survei harga dari satu toko ke toko lain dan akhirnya gak jadi beli di kompleks pertokoan itu dan lo jadi bahan gosip pedagang kertas di blok tersebut :v *guebercanda). 
Terus tiba-tiba setelah mereka berdua ngobrol, ada iklan di tv "Punya barang bekas gak kepake, jual aja di blablabla.com"
"Sekarang lu pacaran?"
"Gue belon dapet deknen"
"Bro, ikutan aja bro"
"Apaan?"
"Barang bekas, gak kepake, kan, lu banget."
"@#$%^&*&^%$#!"
Digampar gue. 
Judulnya mendiskriminasi banget,ya? Gak cuma di sekolah negeri sih sebenernya. Di sekolah swasta Islam sekarang banyak. Malah dari cerita temen gue di SMA F, sebuah SMA swasta Islam, ada temen dia yang udah tunangan. Syudah kuduga. Itu apa-apaan coba, belum dapet KTP aja ngakunya tunangan. "Padahal mereka dari pondok dan orang tuanya setuju mereka tunangan" Oh, jadi bukan backstreet ni ye.. :v. Dalem hati gue yang mangkel, "Pak, Buk, plis itu anaknya percuma di sekolahin di pondok. Siapin undangan, urus perizinan, terus dinikahin tuh anaknya sekalian. Restuin tuh Pak,Buk" Kesel sendiri gue. 
Padahal gue juga gak perfect-perfect amat tapi kok malah nasehatin. Ya, ini adalah bagian dari menasehati diri sendiri dan orang lain. Terutama orang yang itu, yang katanya "Aku gak tau bisa ngelupain kamu apa gak," *nada memelas* Gue berharap dia amnesia dan memori jangka pendeknya hilang dan gue berharap gue termasuk dalam daftar memori jangka pendeknya *jahatbanget.
Gue cukupin dulu post yang ngalor-ngidul ini, semoga mengena di hati kalian. Semoga post kali ini laksana angin dengan skala Beaufort 12 yang bisa menerbangkan apa pun yang ada di pikiran kalian (malah jadi amburadul, noh.). Malah gak nyambung. Semoga post kali ini bermanfaat. Fin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar