Selasa, 01 November 2022

Takut Tambah Dewasa (3)

 Hello hello. Welcome back to TTD series. Jiaelah dah kayak apa aja. 

Hai... Gue balik lagi untuk membacot ria di page yang sepi ini. Berhubung kemaren gue bahas tentang kesuraman akademik dan nyerempet dikit masalah kesehatan mental, gue bakalan membahas pengalaman gue masuk ke poli jiwa for the first time. Oke, tanpa banyak cingcong gue mulai ceritanya.


Hari itu, hari yang suram di awal Desember 2021. Konsultasi gue bareng si dosen yang kemaren berjalan normal kelihatannya. But deep down in my heart, gue merasa ada sesuatu yang bergejolak. Gue merasa kosong. Apalagi disaat itu gue baru aja "semacam diputusin" sama hts an gue yang gue bahas di TTD 1. Gue ngerasa gak ada pegangan hidup. Semua cara udah gue lakukin. Curhat lah, nangis lah, mencoba mendekatkan diri pada Tuhan lah. Tapi hasilnya NOL. Malem itu gue gak bisa tidur, bener-bener otak gue dipenuhi pikiran untuk out aja. Gak ada harapan sama sekali waktu itu. Mungkin orang lain yang tau isi otak gue bakal bilang kalo gue madesu (masa depan suram), tapi ini beneran suram. Bener-bener kacau parah lah waktu itu.

Gue inget itu sekitar jam 10an malem, karena gue gak bisa tidur, gue akhirnya ngechat temen yang masih pada bangun. Gue chat mereka baiknya gimana. Gue cuma bisa mikir kalo gue harus sesegera mungkin ganti dosen. Udah gak bisa lagi ini gue kalo dipaksain sama si dosen. 

Syukurnya gue ada kenalan, dia nyaranin gue buat coba ke psikiater. Awalnya gue sih ragu ya. Bukan karena ragu dicap gila, tapi gue ragu masalah biaya. Tapi demi masa depan yang lebih baik, gue jabanin tuh ke psikiater.

Gue agak lupa, entah pagi setelahnya atau beberapa hari kemudian, akhirnya gue ke rumah sakit ke poli jiwa buat konsultasi ke psikiater. First impression gue: ANTRINYA LUAMA BINGITTZZ. Untungnya gue masih sabar ya. Demi mendapatkan surat dokter yang bisa mempermulus jalan gue resign dan ganti dosen. Waktu terus berlalu, akhirnya giliran gue masuk. DAN TERNYATA..... eng ing eng... Dokternya cowok dong. Seketika gue ngebatin "Aduh, mati gue. Malu mampus kalo gue cerita di depannya sampe nangis-nangis". Yaa meskipun hati bilang begitu, tapi hati nurani gak bisa bohong. Akhirnya gue cerita sampe nangis bombay. Persetan malu yang penting gue dapet surat. 

Skip skip skip. Setelah sesi tanya jawab itu, gue dapet obat dan gue minta ke perawatnya minta surat keterangan dokter. Pulangnya gue dapet tuh surat + obat. 

Sampe rumah gue minum tuh obat. Normal-normal saja pada awalnya. Sampai paginya ngefek tuh obat. Gue bangun tidur dengan perasaan ngantuk banget dan beberapa menit setelah itu (10 menitan kali ya) gue jatuh. Literally jatuh pingsan. Panik lah orang rumah yang liat gue dikiranya gue kenapa-napa (fyi, orang rumah tau gue ke psikiater). Akhirnya gue diamankan, terus gue kebangun tuh. Habis kebangun, gue pindah ke kamar dan tidur lagi sampe jam 10an terus udah, rasanya ya normal lagi. Emang efek obatnya sih kayaknya, ketinggian dosis kali ye. Setelah itu sih gue konsul lagi biar dapet obat yang pas.

NAHHHH beberapa hari habis konsultasi pertama, gue konsul ke temen gue yang nyuruh gue ke psikiater itu tuh. Gue bingung. Tekad gue tuh udah bulet buat out dari si dosen, tapi gue masih takut gitu kalo si dosen ini marah. Bahkan gue sampe tanya ke bimbingan lain si dosen ini dan dia bilang "wah kalo kamu out kayaknya bakal marah deh". Makin takut lah gue dibilang begitu. Akhirnya temen gue ngeyakinin gue, hmmm lebih tepatnya gue sih yang meyakinkan diri sendiri, dia cuma beri pertanyaan. Dan yes, akhirnya gue out. Meskipun gue takut, at least gue ada alesan yang agak masuk akal: gue gila. Beberapa saat kemudian gue dapet balesan tuh, intinya disuruh ketemu. 

Hari pertemuan pun tiba. Gue ke kampus dengan perasaan cemas tapi lebih mendingan daripada sebelum konsumsi obat. Gue mikir obatnya membantu banget emang. Hari itu dibuka dengan gue yang membuat surat pengunduran diri dan diakhiri dengan dialog. Dialognya gak penting amat sih meskipun akhirnya ada sedikit kesalahpahaman. Untungnya habis pertemuan itu, si dosen lain yang gue bilang santuy tuh telpon gue. Ya beliau nanyain maksud gue ngomong begitu kemaren tuh sebenernya begini kan, soalnya si dosen awal mikirnya kok agak lain. Syukurnya si dosen lain ini paham maksud gue, semoga saja dosen yang ini bisa memberitahu dosen yang itu tentang kebenarannya. Tapi bodo amat lah. Yang penting gue bisa ngelanjutin tugas akhir dengan tenang.


Yap itulah cerita gue ke psikiater untuk pertama kali. Sebenernya gue konsul tuh 3x: pertama yang sama si dokter cowok, kedua itu konsul obat yang bikin gue pingsan, ketiga konsul yang isinya laporan perkembangan. Setelah itu gue berhenti karena gue males minum obat lagi. Kata temen gue yang nyaranin ke psikiater juga bilang buat berhenti aja kalo udah mendingan. Ya karena itu akhirnya gue berhenti deh. Males juga kalo tiap konsul antrinya 2 jam. Hufft.

Sekian cerita TTD bagian 3. Next gue bahas apa lagi ya enaknya.... pantau aja buat tau kisah-kisah selanjutnya. Byeee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar