Senin, 25 Juni 2018

Jogja Istimewa : 3

Kembali lagi, setelah lama mendekam di gua (bernama kos). Setelah sekian ember banyak tinta dituliskan diatas kertas laporan. Apasih ga jelas deh. OK. Kali ini gue balik buat ngelanjutin sequel (cielah) Jogja Istimewa. Kayak yang udah gue bilang di part sebelumnya, gue mau ngebahas tentang PPSMB dan kehidupan awal kuliah. Mungkin ingatan -ingatan ini bakal sedikit kabur karena udah lewat hampir setahun yang lalu.

PPSMB, sejenis ospek tapi gak berasa ospeknya. PPSMB terbagi jadi 2, ada universitas sama fakultas. Gue lupa kapan berakhirnya tapi mulainya itu tanggal 7 Agustus 2017 dan berlangsung selama seminggu (ya dikira2 ajalah berakhirnya tanggal berapa, hehe). Pembukaan PPSMB di UGM sangat meriah meskipun panas. Fyi, beberapa hari sebelumnya udah dibagi kita ada di kelompok mana, kelompok bakal di umumin lewat web jadi jangan takut gak kebagian. Untuk teknis tahun 2017 sih, gue lupa-lupa inget, seinget gue ada kumpul di fakultas berdasarkan nama kelompok, terus jalan bareng ke GSP dan di sana dipecah lagi. Contohnya gue dapet Harjono Danusastro (HD), gue ke GSP jalan bareng rombongan HD, disana gue dicampur bareng anak fakultas lain yang sesuai di web. Nah begitulah singkatnya pembagian kelompok. Gue juga ada sedikit cerita yang agak ngeselin masalah pom-pom warna putih. Cofas gue bilang itu kurang putih dan cenderung bening, padahal udah jelas banget itu putih dan waktu gue jalan balik ada orang lain yang ngumpulin pom-pom warna begitu dan diterima-terima aja. Alhasil gue pulang ke Solo demi pom-pom, mana gue kagak ada duit, tiket prameks udah abis-abisan pula dan gue memutuskan naik bus. OK LANJUT. Habis pembukaan kita jalan bareng ke tempat PPSMB masing-masing, gue dapet di fakultas pertanian. Ruangannya dingin dan enak meskipun harus naik sampe lantai 3. Hari pertama dan kedua PPSMB univ berlangsung menyenangkan. Kita cuma disuruh diskusi, main game, nyanyi, nari, yaa mending banget lah daripada MOS waktu SMA dulu. Karena tugasnya juga udah dikerjain berbulan-bulan yang lalu jadinya disana kita bener-bener free dari tugas. Padahal gue ngerjain tugas tuh alakadarnya, mana ada pula yang dikerjain H-beberapa jam, parah sih emang. Terus lanjut hari ketiga dan keempat PPSMB fakultas, yang ini agak memacu adrenalin. Gue masuknya fakultas teknik, gue sendiri gatau gimana PPSMB di fakultas lain, tapi kalo disini kita dikasih kaos dan harus pake kaos itu 2 hari berturut-turut (gue lihat fakultas kedokteran dikasih tas serut), habis itu acaranya outdoor (yang indoor cuma sekali waktu diskusi). Meskipun ada bentak-bentakan (yang menurut gue udah biasa banget, apalagi kalo SMA udah pernah ikut ekskul atau organisasi) tapi overall PPSMB fakultas seru sih. Apalagi waktu buat miniatur tugu teknik pake kubus. Hari kelima dan keenam balik lagi PPSMB univ, isinya ndengerin dosen cerita tentang materi yang harus disampaikan dan berhubungan sama UGM. Waktu hari keenam atau terakhir PPSMB (gue lupa-lupa inget) ada materi bentar dari dosen habis itu sekitar habis dhuhur kita jalan ke GSP buat closing. Ok kalo lu tau Pokeball UGM, nah itu, gue disitu tuh. Biasa kan kalo tiap ospek-ospek begini ngebentuk bentukan apalah itu buat difoto/direkam. Setelah acara selesai gue kumpul dulu, foto-foto bareng temen SMA sama temen PPSMB univ terus balik ke kos. Oiya, karena gue gak alay, gue gak nulis sesuatu di kertas terus dibawa waktu buat Pokeball. Hal yang gue sama temen-temen kangenin dari PPSMB sih yang jelas makan gratis. Karena setelah itu gue ngerasa susah banget hidup, soalnya harus cari makan siang. Kalo masak males, kalo beli boros.

Baiklah, lanjut ke hal kedua, ngomongin masalah kehidupan awal kuliah. Kehidupan gue waktu kuliah (terlepas dari tetek bengek himpunan) menurut gue susah menyenangkan. Gue jadi sering pulang malem gara-gara ada acara semacam PON tapi di fakultas. OK disini gue gak nyalahin kating atau siapapun itu. Kalo gue mau gue bisa aja gak ikut suporteran. Tapi you know how it feels, jadi merasa sedikit diasingkan dari kehidupan. Yaa gitu deh gue gak nyalahin suporteran, toh itu hak, boleh diambil boleh gak. HAL YANG PALING GUE INGET WAKTU KULIAH terutama praktikum adalah praktikum paleontologi. Gue rasa itu praktikum pertama gue di semester 1, asisten sendiri udah bilang kalo mereka bakal pake patokan jam lab buat acara praktikumnya dan waktu asistensi mereka ngasih tugas. Normal sih, tugas dikerjain seminggu, tapi yahh gue mah orangnya gitu, kalo gasalah dikerjain H-1, itupun pake acara ketiduran sekitar jam 10-11 malem dan gue kebangun jam3 atau 4 pagi. SIAL. Sejak saat itu gue anti belajar di meja belajar (fyi itu pengalaman pertama gue belajar yang bener-bener belajar di meja belajar selama 12 tahun sekolah). Gue kebut tuh tugas (gue sampe lupa sempet mandi apa kagak tapi kayaknya sih mandi), gue liat jam tangan gue itu udah jam 7. Toleransi keterlambatan 10 menit, gue bisa sedikit bernapas lega. Gue sengaja naik sepeda, sialnya lagi alat tulis gue ketinggalan di kamar, mau gamau gue balik, untungnya masih di depan pager kos posisinya. Habis itu gue ngebut sekenceng-kencengnya dan gue sampai di lab. Gue bilang ke asisten jaga dan mau ngumpulin tugas, tiba-tiba dia tanya jam, ya gue jawablah sambil ngeliat jam gue, dia bilang lagi gini "lihat itu jam yang dibelakang jam berapa". 07.20. ARGHH NOOO. Aku mengutuk diri sendiri. Akhirnya gue pergi dan gak ngumpulin tugas. Gue pergi ke mushola teknik dan disitu gue ketemu temen yang telat juga, telat banget malah. Setelah gue tau ternyata dia ngumpulin tugas dan tetep diterima gegara gambarnya bagus dan tulisannya juga bagus, sedangkan gue, gue gak berniat nemuin asisten buat ngumpulin tugas. Gue tau diri lah, gambar jelek, tulisan jelek, isinya juga jelek, mending buat koleksi pribadi. Sampe sekarang tuh tugas masih gue simpen. Tapi alhamdulillah hasil semesteran gue buat praktikum itu bukan yang terburuk dari semua praktikum. Gue gak nyesel gak ngumpulin jadinya. Semenjak keterlambatan itu gue gapernah terlambat lagi masuk praktikum (terutama paleo), bahkan gue agak kesel kalo asistennya telat, meskipun CUMA telat 5-10 menit tapi itu bener-bener ngehambat biar bisa dapet acc.

YUP! Segitu dulu aja cerita gue untuk series Jogja Istimewa. Gue seneng banget bisa ngepost lagi di blog. Lumayan mengisi kegabutan daripada mikirin doi mele. 

2 komentar:

  1. hal pertama yang kupikirin waktu baca: ...aku ngerasa nggak bisa nulis pakai "gue" XD
    sepertinya kuliah apapun yang pakai praktikum repot ya (?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku merasa menjadi orang lain malah waktu pake gue (jadinya berasa lagi ngebaca cerita orang lain). Praktikum itu merepotkan.. untung sksnya dipisah dari matkul biasa mwehehe

      Hapus