Oke lanjut. Post ini bakal ngebahas kelakuan pembeli yang unik dan ngerating seberapa menyebalkannya kelakukan mulai dari yang parah banget astaghfirullah sampe ke yang ijo Hutan Amazon. Tanpa banyak fafifu langsung aja gue bahas.
Selama kurang lebih 2 bulan gue ngojol, gue pernah ketemu 1 pembeli yang bener-bener bikin naik pitam. Kayak kok bisa ada orang begitu. Jadi ceritanya gue waktu masih nganter 1 orderan terus dapet dobel order sebelum gue selesai nganter yang pertama. Untungnya orderan yang awal tuh non tunai dan emang minta digantung aja makanannya di pager. Habis anter yang pertama, gue ambil tuh makanan yang untungnya gak jauh dari tempat terakhir gue anter makanan. Terus gue lihat titik pengantaran dobel order ini, satu deket sama resto, satu lagi di RSUD. Habis ambil makanan gue langsung ke titik pertama dong. Gue agak bingung dikit soalnya itu titiknya di pabrik, gue kira itu di rumah-rumah samping pabrik itu. Terus gue cermatin lagi titiknya bener di pabrik ternyata. Gue coba hubungin ke yang beli tapi gak ada tanggapan sampe ada gue nunggu 5 menitan. Akhirnya gue samperin lah itu pabrik dan gue tanya ke satpam "Pak, di sini ada yang namanya XXX?" dia bilang ada. Ya gue lanjut lah, gue bilang "Si XXX ini pesen makanan tapi belum dibayar, gimana ya?" EHHHH DENGAN KETUSNYA TUH SATPAM BILANG "Ya gak tau mbak, ini belum jam istirahat" WTF. Gue kesel dong, berasa buang-buang waktu. Soalnya pengalaman gue nganter ke pabrik dan beli tunai tuh si yang beli udah titip duit ke satpam, lah ini kagak sialan. Terus gue tanya jam istirahatnya kapan, dia bilang jam 12 which is masih 30 menit lagi. Gila lah, gue nungguin udah 20 menitan di sini, terus gimana nasib si orderan satunya.
Gue putuskan buat ngeskip dulu tuh pabrik dan gue ke RSUD dulu. Untungnya yang di RS gak banyak drama dan gampang dihubungi. Jam 12 pas gue udah sampe lagi di pabrik laknat itu. Bahkan karyawannya udah banyak yang keluar buat istirahat. Gue cobalah chat dan call gratisan grab itu. And you know what? Tetep gak ada balasan dari cust brengshake itu. Akhirnya karena gue udah nunggu 10 menitan sejak jam 12 itu, gue katain dia "Mbak jangan nipu orang kerja" terus gue selesaiin tuh pesanan. Alhasil saldo driver gue berkurang, untungnya si busuk ini cuma beli 23 ribu. Rugi sih duit segitu lumayan buat beli bensin soalnya. Gue langsung caw dan ngasih makanan itu ke pemulung.
Nah, inget gak tulisan gue di 2 post sebelumnya yang katanya kalo grab sama gojek semisal ada order fiktif gak ribet ngerefundnya? Ternyata nggak ges. Tetep ribet, perlu ke panti asuhan di foto lalala, terus harus pake nota. Meanwhile posisi gue waktu itu gak ada nota dan itu cuma 2 box nasi like? Gak enak juga kalo mau ngasih 2 box doang meskipun itu lagi hari Jumat sih.
Habis gue caw dan sampe rumah, gue lihat app driver gue ada chat. Ternyata itu chat dari si XXX yang tanya gimana jadinya? Dan dia ngejawab itu 1 menit setelah gue bilang dia nipu. Untungnya dia gak nyolot tapi tetep aja alasannya gak masuk akal. Dia bilang udah pesen tapi dari resto dibatalin. HAH? Setau gue ya, kalo misal resto ngebatalin, waktu gue dateng ke resto, si resto harusnya nolak gue dari awal dong. Macam warung yang males masakin orderan di post sebelumnya. Ini mah udah disiapin restonya, gue sampe sana kurang nyiapin minum doang dan packing, di mana letak cancel restonya? Itu aja udah gak masuk akal. Gue sih curiga dia cari-cari alasan aja. Secara aja kok bisa dia pesen makanan di jam kerja terus gak dipantau lagi? Bahkan gue call berkali-kali even setelah jam 12 gue spam call kagak diangkat. Aneh banget.
Itu top tier customer ngeselin versi gue. Selanjutnya ada cust yang no clue. Pesen tinggal pesen gak ada patokan atau apalah. Ini terjadi ke gue waktu pertama kali dapet orderan ke apartemen. Gue chat, gue call kagak ngejawab. Gue sampe inisiatif chat pake bahasa Inggris siapa tau wong londo ya to. Tetep gak ada jawaban. Karena waktu itu gue ikut slot dan udah jam 5 lebih, akhirnya gue nyerah. Gue liat banyak ojol jalan ke suatu tempat dan mereka pada taruh makanan di situ. Akhirnya gue taruhlah itu makanan, gue foto, gue caw. Gue baru tau ternyata emang kalo mau kirim makanan kebanyakan pada di drop di sana. Poor me.
Next ada customer yang ngebeliin buat orang lain. Sampe sini masih oke, YANG PENTING ALAMATNYA TEPAT. Gue pernah dapet tuh orderan pizza, yang pesen posisi orangnya di Jogja terus dia asal aja masukin alamat pake nama kelurahan. Padahal mah kelurahan luas ya. Dan yang harus lu tau adalah jarak antara titik awal ke titik seharusnya tuh jauh, 500 meter. Nyasar 500 meter itu mayan banget lho. Mana gue harus ngehubungin si penerima aslinya. Aduh... takes time banget. Untungnya sih nemu. Ada lagi nih kasus, orang antah berantah order ke tempat antah berantah pula. Jadi titiknya tuh di balai desa, dia bilang nanti kirim ke orang namanya ANU, gue oke lah toh deket rumah tempatnya. Waktu sampe di sana gue tanya ke warlok, terus orang pada bingung dan gue dilempar suruh tanya sana-sini. Gue akhirnya tanya ke anak-anak, dia nunjuk satu rumah, tapi karena gue masih butuh pendapat lain gue coba ke rumah sampingnya si anak itu. Gue ketemu 2 orang yang keduanya ternyata budeg. KESEL BANGET. Gue udah panggil berkali-kali dengan nada ramah. Yang satu ada orang ngebelakangin gue, gue pikir mungkin emang gak kedengeran kali. Yang kedua, gue ada di depan dia agak ke kiri dikit, gue literally bisa liat ni orang lagi makan, lagi gak pegang hp macam orang pertama, tapi tetep gak denger juga. I was like huh? Untungnya habis itu ada ibu-ibu, di deket orang pertama yang gue tanyain, manggil gue dan ngasih tau rumah orang yang gue cari-cari.
Next, customer yang no respon even udah di call. Ini kendala cuma ngabisin waktu aja sih. Gue ngerasa kalo lagi ngojol tuh tiap menit berharga even 1 jam kedepan bisa jadi gak ada order masuk tapi tetep aja 1 menit itu bisa buat nyalain motor dan jalan 100 m ke arah rumah.
Terus ada lagi customer yang bayar tapi gak sesuai nominal dan dikurangin. Misal dia beli tuh 30.380, dia cuma bayar 30.000, gue kan jadi tombok 380 ya. Kesel sih. Soalnya yang begitu gak cuma 1, banyak. Kok bisa ada orang gak tau diri begitu ya. Dikiranya kelebihan yang gak dibayar begitu bakal ngerugiin resto. KAGAK YA, driver yang rugi.
Sejauh ini gue baru ketemu customer rese yang modelannya begitu sih, belum ada yang beneran fake order (semoga gak bakalan ketemu). Next gue bakal bahas customer yang bare minimum sampe yang green flag.
Customer bare minimum adalah customer yang bisa dihubungi, minimallll banget kalo dichat tuh diread. Udah bersyukur banget gue kalo udah diread yang berarti dia udah terinfo. Kalo bisa sih responsif ya, yang gak perlu gue sampe call udah muncul tuh orang di depan rumah. Selanjutnya ada customer yang bayarnya pake non tunai. Ini sih udah ngebantu driver banget. Gue as a driver suka sama cust begini soalnya gue gak perlu masukin duit ke ATM, terus top up ke grabkios yang minta biaya admin itu. Mana top up OVO juga masih kena admin lagi. Next, customer tunai juga masih oke sih tapi yang bayarnya pas atau sisanya buat tip. Nyari kembalian agak susah coy. Ada sih kembalian, tapi kalo bisa kasih duit pas kenapa harus kembalian. Gue sih tipikal driver yang sampe 500 rupiah pun gue kasih kembaliannya, tapi kalo sampe 100 rupiah gue nyerah deh, tolong ikhlasin aja itu ya, susah cari duit receh kecil. Astaga berasa double standard tapi plis semoga kalian ngerti.
Lanjut, customer yang udah mulai green flag adalahhh.... yang ngasih tip. Entah tip belakangan atau tip secara langsung. Tip lewat "Kembaliannya gak usah" even itu 1000 perak, tip tunai padahal dia bayar non tunai, dan tip non tunai. If you wanna know, sebelum ada demo ojol bulan Mei kemaren, kalo lu ikutan slot dan dapet 1 order makanan dengan jarak menengah gue bisa bilang, lu cuma dapet bayaran 7000-an. Dikit banget kan? Makannya tip even 1000 rupiah means a lot for us.
Gue ada cerita yang gak bakalan gue lupa sih. Gue sampe heran dan bertanya "Kok bisa ada orang begitu?". Jadi ceritanya gue ikutan slot sore dan itu udah mulai jam 4-an lebih, gue udah mengarah ke jalan pulang. Tiba-tiba masuk tuh pesenan pizza. Awalnya gue agak kesel karena gue kira pizzanya yang ukuran medium, yang bawanya ribet itu (waktu itu belum tau tips rafia dijepit jok) yang harus tali temali. Setelah gue liat menunya lagi, ternyata itu pizza yang kecil tapi 10 biji dan dikirim ke apartemen ujung zona. Yaaa agak lega tapi begitu tau tempatnya jadi agak kesel lagi sih. Tapi gue tetep terima aja, gue ke resto dan antri. Terus gue di chat sama cust, bilang nanti ketemuan aja. Wah jarang nih mau ketemuan di apart itu. Long story short, gue sampe apart itu dan ketemuan sama customer. Gue kira itu cust penghuni apart, ternyata udah agak berumur dan kayaknya emang kerja di bagian management apart itu (I assume that karena kami ketemuannya di deket kantor apart itu). Terus gue kasih tu pizza dan he was so nice terus dia bilang "Sudah saya kasih tip di aplikasi ya, terima kasih". Gue sih iya-iya aja terus langsung matiin app dan cabut. Gue pulang dan waktu gue liat ada tip masuk. Coba tebak berapa? GUE DAPET TIP 50 RIBU WOY. Gak manuk akal. Gue kira mentok-mentok orang kasih tip tuh 10 k, ternyata adaaa aja orang ngetip sampe segitu. Like? Duitnya banyak kayaknya, amin. Hari itu emang gue cuma ngeslot sekali dan biasanya slot sekali tu cuma 30-40 ribuan, ini dapet tip sampe 50K tuh wow banget.
Yap. Itulah pengalaman gue selama gue ngojol sejak April. Gue kira sih udah lengkap ya. Mulai dari kisah menyebalkan sampe kisah yang bikin syok tapi seneng banget. Jujur gue semenjak ikutan grab ini jadi gak terlalu dong-dong baperan. Gue jadi lebih ada sedikit kesibukan meskipun gue ngerasa jadi gampang capek banget kalo lagi motoran. Oke, sampai jumpa lagi di TTD berikutnya.... CIAO!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar