Sabtu, 31 Mei 2025

Bis EKA Supremacy

Bisa terlihat dari judulnya, kali ini gue bakal bahas pengalaman gue naik bis EKA, terutama untuk membanding-bandingkan dengan moda transport kereta kalo lu mau ke Surabaya dari Solo.

Cus, bahas dulu pengalaman gue naik bis ini.

Sebenernya gue udah kenal dan denger ini bis sejak dulu masih kecil. Tapi for the first time ngerasain naik EKA tuh ya waktu pulkam dari Jogja. Waktu itu sepulang gladi PPSMB karena pom-pom gue kurang lebat akhirnya disuruhlah itu sama cofas buat ngelebatin pom-pom, which is gue gak ada stok rafia di kos. Terpaksalah gue balik ke Solo buat menyisir rafia. Sore-sore gue ke Stasiun Jogja atau Stasiun Tugu. Di sana kondisinya rame banget, gue udah ketar-ketir kagak dapet tiket dannnn YA GUE KAGAK DAPET TIKET DONGS. Akhirnya karena buntu, gue naik transjogja dari Malioboro ke Terminal Giwangan. 

Jujurly, di terminal gue kagak ngerti gimana alurnya, di mana tempat bis jurusan Solo berada. Karena gue cuma hafal bis ke Solo tuh EKA, ya akhirnya gue langsung naik EKA. Waktu itu gue naik EKA non toilet dan gue duduk paling belakang, yang kata orang tempat duduk maling. Gue duduk deket pintu dan untungnya bisnya gak ngetem terlalu lama. Selama perjalanan itu, gue duduk sendirian di belakang. Karena bis ini PATAS alias cepat terbatas, jadi dia kagak ada tuh ngetem di terminal lain. Bahkan di Terminal Klaten dia cuma transit, kalo ada yang mau naik ya diangkut. Enak banget dah pokoknya + dapet minum. Tahun 2017 dulu sih harganya masih 2x tiket prameks, sekitar 18 ribuan dan masih dapet minum + gak ngetem, worth it lah ya. Kalo sekarang udah 30 ribuan, agak mikir-mikir sih kalo cuma mau ke Solo naik bis.

Bahkan gue di tahun 2025 naik EKA ke Surabaya udah bisa beli via online, mau di websitenya atau ke WA bisa. No fafifu dan pembayarannya trusted. Even via WA, nanti bayarnya diarahkan ke web mereka, jadi kemungkinan buat ditilep kecil. Berangkat ke Surabaya dari Tirtonadi Solo, udah ada lounge-nya. Bis ini lewat tol, kurang lebih 4 jam sampe Surabaya harga tiket 110 ribuan. Worth it banget kalo ketinggalan kereta atau mau cari alternatif lebih murah.

Tapi nih, gak selamanya bis EKA itu wah. Meskipun masih lebih wah perihal dia punya toilet di bisnya daripada bis yang next mau gue bahas. Mostly yang bagus-bagus ini tuh bis EKA yang Full Tol atau Tol Panjang aja (berhenti Nganjuk), kalo bis EKA yang non-tol atau selang-seling ya tetep lama karena dia melayani penumpang yang pada naik dari Surabaya. Jadi misal si orang ini mau turun Jombang, ya keluar tol lah kita mampir Jombang dulu.

NAHHH... Setelah bahas plus minus bis EKA dari sudut pandang gue, sekarang gue mau bahas bis aduhai satu ini. Kalo dari perbandingan rute sih udah gak apple to apple emang tapi menurut gue bare minimum fasilitas yang harus ada di bis tuh si bis ini gak punya. Kali ini gue mau bahas bis Jogja-Banyuwangi. Yap! Apalagi kalo bukan Mila. Mau nangis rasanya ngebahas pengalaman ini.

Jadi ceritanya gue mau balik dari Banyuwangai ke Solo. Karena udah ketinggalan kereta, akhirnya gue coba naik bis ini yang berangkatnya agak siangan kalo gak salah jam 1-an. Nah, ternyata Mila ada 2 jalur buat ke Solo. Ada yang via Situbondo sama Jember. Sejujurnya, gue lebih pengen naik yang Situbondo gegara dulu gue udah pernah tuh lewat jalan Banyuwangi-Jember dan itu gakkkkk enak banget. Lewat hutan kan dia dan itu berkelok-kelok jalannya. Mana siang itu gue agak pusing dikit udah males banget sebenernya naik bis karena lama banget cuy bakalan, 13 jam woy. Sialnya, waktu tanya ke garasi Mila, si bis Situbondo nih delay atau malah gak bisa berangkat karena kaca bisnya pecah dan waktu gue liat emang iya pecah kayak habis ditimpuk batu gitu sih cuma kok dia lagi dicuci. Idk. Akhirnya mau gak mau gue naik yang via Jember. Aduh. Pokoknya gue niatin kalo udah masuk area hutan itu, gue mau tidur aja dannnn turns out beneran gue ngantuk dan bisa tidur. Alhamdulillah.

Sebelum masuk Jember kota, bis ini berhenti di agen terus gue bilang ke keneknya mau ke toilet karena mayan agak lama tuh bis berhenti. Anda benar, bis ini gak punya toilet. Kesel banget gak sih? Perjalanan 13 jam gak ada toilet di bis tu bener-bener definisi nyiksa diri. Oke paham, harga tiket bis Banyuwangi-Solo cuma sekitar 160an (jangan bandingin sama KA Sritanjung pls, itu anomali), tapi kek what. Udah gak ada toilet, seatnya 3-2 pula. ADUHHH NO NO NO BANGET KATA GW MAH. Sebenernya ada alternatif bis yang proper macam Gunung Harta atau bahkan MTrans tapi ya harganya mihil, setara kereta. Dengan harga murah itu jangan harap udah dapet makanan ya. Untungnya sih waktu bis ini berhenti di Terminal Banyuwangi gue makan dan untungnya lagi makanannya enak. 

Bener-bener gak enak banget dah naik bis ini. Efek dari gak ada toilet di bis adalah dehidrasi. Mendingan gak minum banyak daripada harus nahan pipis dan itu nyiksa banget. Perjalanan paling gak sehat. Mana di depan, antara ruang kemudi sama penumpang, ada sekat gitu. Awalnya amazed, wah macam EKA yang interiornya mewah itu. EH TERNYATA BUAT RUANG NGEROKOK. Sumpah jelek banget. bisa-bisanya nyediain tempat ngerokok daripada toilet. Padahal pake AC lho (ya meskipun di EKA juga sering sopir ngerokok) tapi sumpah ganggu banget. Jadi dikit-dikit gue semprat semprot parfum. 

Akhirnya setelah perjalanan puannnjang, nyebelin, dan melelahkan, gue touch down di Solo jam 2.30 pagi. Sejak hari itu, gue gak mau lagi sih naik Mila ke manapun. Meskipun cuma sampe Surabaya juga. Gak ada toilet coy, gils aja. Sayangnya cuma bis ini yang ngelayani bis rute Jogja-Banyuwangi sama Jogja-Madura, cmiiw. 

DANNNN itulah alasan kenapa bis EKA ini jadi bis paling wah yang pernah gue naikin, terutama buat EKA yang interiornya tipe terbaru yang seatnya empuk dan ada separator driver. Beneran ditinggal tidur bisa tiba-tiba sampe tujuan. Hello Edelweis, sending love to Edelweis S7016UT. Keep up the good work EKA, kalo bisa semua sopir disuruh gak ngerokok, dong. Beneran ganggu dah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar