Selasa, 17 Juni 2025

Takut Tambah Dewasa (6)

Ya langsung aja dah. Di post sebelumnya gue ngebahas sedikit pengalaman gue waktu awal banget ngojol, mulai dari pendaftaran sampe ke order pertama. Ada yang gue lupa ceritain. Gue ceritain aja di sini sebagai awalan tipis-tipis. Jadi ceritanya waktu gue nunggu dimsum yang double order itu, gue ketemu sama mbak-mbak grab juga. Terus kami ngobrol dikit-dikit lah. Terus dia tanya "udah berapa lama?" ya gue jawab aja, terus dia cerita kalo dia sebenernya juga udah daftar lama tapi karena kelamaan akhirnya dia pake jalur ordal. Like, why? Later I found out sebenernya yang begitu gak boleh dan bisa kena putus mitra. Tapi yaaaa, apa yang kamu harapkan dari negara korup ini wkwkwkwk.

Oke gue lanjut aja ceritanya. Gue bakal ceritain pengalaman ngeselin dan mindblowing selama gue ngojol sejak April sampe Juni ini.

Sooo.... Gue bakal ceritain pengalaman sekalian rating. Pertama gue mau ngerating resto dulu. Tipe-tipe resto redflag parah yang sampe gue bintang 1 untuk 2 orderan yang pernah gue terima dan somehow entah kenapa gue jadi gak pernah dapet tuh resto lagi.

Jadi waktu awal gue coba slot/jadwal orderan di zona terbatas, yang ongkirnya gak manusiawi itu, gue kalo gak salah udah pernah dapet 4x orderan di warung ini. Warung ini tuh tricky banget, dia mepet banget sama batas zona itu, yang mana kalo lu keluar dari tuh zona, lu gak bakal eligible buat dapetin keuntungan kalo 100% selalu ada di zona, yang mana gue gak ngerasa ada perbedaan mau lu 100% atau gak, oke itu dibahas nanti. Intinya nih resto mepet banget sama zona, yang mana kalo gps lu jelek, lokasi lu bisa kelacak jadi keluar zona. 

Tapiiiii yang bikin redflag bukan karena mepet zona. Gak usah ditebak udah pasti tau lah kalo kendala driver tuh ada di waktu. Lebih cepat lebih baik, apalagi driver makanan dan slot. Nih resto macam cuma punya 2 orang yang ngelayanin dan itu gak cuma ngelayanin orderan ojol doang tapi juga orang yang dine in di sana. Mana semua aplikasi di pake, ya gojek lah, grab, shopee, yang mana bikin antrian tuh jadi lama banget. Ditambah lagi, harga di aplikasi tuh murah gengsss. Ya siapa pembeli yang gak tergoda coba. Udah harga murah, ada promo pulak. Ya membludaklah itu resto apalagi waktu makan siang. Bisa nunggu berjam-jam. Minimal sejam. Yang bikin bete adalah gak ada urutannya. Jadi suka-suka yang ngeracik makanannya. Untungnya sih menunya macam soto, timlo, dan sejenisnya, yang gak butuh di masak 1-1. First impression gue ke resto ini sebenernya bagus, soalnya waktu order pertama gue di resto ini tuh sore dan hujan. Jadi waktu gue ke sana makanannya udah jadi. Gue kira bakal begitu terus ternyata tidak sodara. Order kedua adalah waktu maksi dan single order, udah nunggu agak lama tuh sekitar setengah jam lah, akhirnya jadi. Order ketiga sebenernya adalah puncaknya. Posisi dia maksi, double order, dan si pembeli orderan lain ini kayak ngeburu-buru gitu. Katanya takut keburu jam maksi-nya habis, dan bener aja. Gue nungguin orderan di resto ini tuh sejam. Kayak omaigat lama banget. Gak cuma pelayannya dikit, gerakannya tu juga leleeeeetttttt banget. Klemar-klemer kalo orang jawa bilang. Macam gak niat jualan. Mana kalo sopi bisa 3 order kan di situ. Jadi tempatnya tu rame banget, mana dia di gang kecil dan gak punya parkiran. Habislah sudah. Gue sampe berkali-kali minta maaf tu ke pembeli satunya (sebenernya ni pembeli juga agak rese sih, tapi ini nanti dibahas). Next order keempat juga aman soalnya udah lewat jam maksi. Nahhh, setelah itu akhirnya gue coba ngerating tuh resto jadi bintang 1 dan ternyata sampe sekarang gue gak pernah dapet orderan dari situ lagi. Entah zonanya berubah atau grab ngebaca algoritma rating ini. Yang gue keluhkan sebenernya ni resto agak jauh dari rumah juga sih, makannya agak kesel.

Next, resto yang nyebelin ke-2 selain resto yang lama penyajiannya adalah resto yang tutup tapi app-nya nyala. Kagak niat jualan lu? Waktu pertama kali dapet resto begini gue gak terlalu gimana karena ternyata bisa dibatalin dan gak berpengaruh di tingkat penyelesaian. Nah resto kedua ini, udah mah tutup dan kalo dibatalin ngaruh di tingkat penyelesaian pula. Fyi, resto pertama ini sebenernya buka, cuma hpnya yang ada grab merchant gak di toko jadi gak tau kenapa tuh yang jaga warung gak mau bikinin. Padahal mah bisa lihat dari si driver menunya apa, tinggal buat, terus kita foto, terus beres. Gak ngerti apa motivasinya suruh ngebatalain. Sekali lagi, kagak niat jualan lu?

Next, resto yang aplikasi grab merchant-nya gak dipegang sama yang jualan. Ada nih toko pukis deket rumah, tuh hp yang ada app grab merc kagak ada di toko alias dipegang sama majikan. Jadilah suatu ketika ada menu yang habis terus ribet dah tuh. Untungnya pembelinya gampang dihubungi. Aneh bener kalo jualan, mana tuh toko hobi ngiklan (ngiklan di grab + ngiklan pake foodgrammer).

Next, resto yang alamatnya gak jelas. Terutama resto di gang sempit. Ini sebenernya gue aja yang agak skill issue sih, tapi ngeselin juga kalo ada drive noob macam gue yang ngikutin dari mapsnya si grab yang gak presisi ini.

Next, resto yang gak update menu. Terutama warung padang satu itu yang pegawainya cuma 2 tapi ngelayanin banyak aplikasi dan orang dine in. Menu habis jadi driver yang ribet karena harus ngehubungin pembeli. Belum lagi kalo pembelinya slow respond.

Next, resto yang packingnya gak proper. Sebenernya hampir semua resto begini sih. Makannya gue selalu sedia tas alumuniumnya tomoro buat mengatasi hal begini. Packingan sejuta resto yang pake ojol adalah sterofoam + tas kresek bening. Udah sampe males banget tuh kalo gue liat packingnya gitu. Kenapa? Karena keduanya licin. Udah mah licin, seringnya kagak pada pake cable ties yang mana gampang kegeser. Ntar tiba-tiba udah pada jadi vertikal aja tuh barang. Kalo orang beli 3 biji makanan masih aman, tapi kalo cuma 1 aduhhh. Udah deh, mending taruh jok aja. Gue, sebagai pengguna centelan depan, ngerasa gak terlalu ngaruh juga kalo udah diiket sampe mepet packingan. Gue pernah nganter orang beli bubur. Bubur kan ada kuahnya ya, tuh kuah udah ditaruh di bawah sendiri kegencet sterofoam yang isinya bubur itu, mana ketambahan sate pula seinget gue, terus gue ngelewatin jalan yang banyak polisi tidurnya. Sampe sana kuahnya udah ke mana-mana. Alhasil yaudah, gue minta maaf dan berdoa supaya yang beli gak ngerate 1. Ada satu lagi redflag packing minor. Tali rafia pizza. Plis kalo mau nali pizza tu yang bener. Pernah gue dapet order 2 pcs pizza medium, talinya copot. Terus tuh pizza terbalik. Untung gak keluar isinya. Parah sih. Pizza terkenal padahal.

Next, resto yang jorok dan sus. Ini sebenernya gak masuk ke kriteria umum sih, lebih ke khusus. Orang beli kan gak tau ya itu restonya proper apa gak, seringkali ada yang resto tuh tempatnya kumuh gitu, terutama yang rumahan dan di gang kecil (gak semua tapi seringkali), ini cuma gue jadiin pelajaran biar ngecek tempatnya dulu sih sebelum beli as customer ojol juga. Sebenernya sebagai customer gue juga pernah curiga waktu beli makanan di Jogja. Namanya juga anak kos ya, yang penting murah dan deket biar ongkirnya gak bengkak, masalah rasa itu nanti. Terus waktu dilihat lokasinya kok di bantaran sungai ya. Hmmm... sus. Selain jorok, resto yang jual makanan halal tapi punya anjing juga ada. Gue pernah nerima orderan ayam gitu. Lokasinya di rumah, gangnya lebar sih, rumahnya proper, tapi ada anjing di dalam rumah dan di situ dia pajang sertifikat halal. Like how? Mana yang ngasih makanan ke gue tuh ibu-ibu berjilbab. Kayak? Kok gitu. 

Sejauh ini sih itu ya rating resto-resto redflag. Kalo yang green flag yaa yang gercep, packing aman, kalo bisa mah driver sampe dan makanan udah jadi, alamat gampang di cari, ngasih minuman/cemilan buat driver.

Selanjutnya gue bakal rating tipikal pembeli yang redflag sampe ke pengalaman ketemu pembeli green flag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar