Jumat, 28 Oktober 2022

Takut Tambah Dewasa (2)

 Yey. Akhirnya ada waktu buat ngebacot di sini lagi. Setelah sebulan yang penuh semangat menggarap skripsyong. Alhamdulillah dipertemukan dengan dosen-dosen sabar dan baik hati.

Ngomong-ngomong soal dosen, gue jadi keinget pengalaman gue tahun lalu. Yes, 2021 tahun suram buat gue. But let's talk about kesuraman tentang akademik dulu.


Jadi gini. Akhir tahun 2020, gue ambil matkul semacam persiapan untuk tugas akhir gitu. Ya bahasane ancang-ancang ngono lah. Biar udah mulai terbiasa nulis karya ilmiah. Entah kenapa, gue tuh gobs banget. Gue kayak yang sok-sok an gitu. Jadi di tempat gue ada dosen yang lumayan dijauhi sama orang-orang karena katanya kalo berurusan sama beliau tuh ribet. Ya gue sih gak terlalu nanggepin itu dengan serius ya karena waktu ngajar, si dosen ini tuh asik gitu ngejelasinnya. Ya gue pikir kalo ngebimbing bakalan chill santuy gak kayak yang diceritain orang-orang. Nah... untuk matkul itu, gue milih si dosen ini buat jadi pembimbing bersama beberapa teman lainnya. Selama masa pembimbingan itu, gue dan temen-temen yang lain kayak jarang banget kontekan sama si dosen ini, tiba-tiba udah kami tagih tanda tangan aja gitu.

Sampailah di akhir semester, para mahasiswa yang ambil matkul itu wajib presentasi. Ya selayaknya tugas akhir lah yang ujung-ujungnya ada presentasi. Waktu presentasi gue sih aman ya, lancar jaya gak banyak tanya. EHH giliran temen gue. Langsung dibabat, ditanyain macem-macem. Temen gue yang dasarnya emang pendiem dan suka bingung jadi langsung panik lah. Sampe bener-bener mati kutu gitu. Setelah beberapa waktu, akhirnya presentasi dia berakhir. Dia udah gak peduli lagi deh pokoknya, yang penting kelar aja.

Skip skip skip. Tibalah saatnya gue harus ambil tugas akhir. Jujurly gue sih sejak pertama apply bimbingan ke dosen ini tuh emang pengen lanjut buat tugas akhir juga, tapi karena alasan biaya akhirnya cuma bertahan di matkul itu. AWALNYA GITU. Tapi suatu hari di akhir tahun 2020, gue dapet chat dari si dosen yang intinya ada tawaran kerja sama dan ide gue dari yang matkul kemaren itu bisa jadi kenyataan. Ya gue senenglah. Waktu itu gue udah optimis banget kalo semuanya bakal menjadi kenyataan. Jujurly itu topiknya wow banget, fenomenal, seksi. Gue udah berkhayal kalo gue lulus bakal ada banyak nama gue di jurnal-jurnal. AHAHHAAHAHAHA, ternyata CUMA MIMPI.


Why why why? Kenapa cuma mimpi? 
Ya karena akhirnya gue out. Apa yang gue pikirkan tentang si dosen ini, yang chill, santuy, it's a lie (at least dari sudut pandang gue). 

Awal ngerjain tugas akhir gue masih kayak yang senang, bahagia, bersemangat. Tibalah konsultasi pertama, dikomen ini itu, kok gini kok gitu. Oke, wajar, gue terima dengan lapang dada. Gue benerin tuh drafnya. Konsul lagi. Masih sama. Dikomen ini itu, lalala yeyeye. Oke, fine. Gue benerin lagi. Gue baca-baca lagi. Konsul lagi berikutnya. Lho kok revisinya malah balik lagi ke hasil revisi awal. Ini gimana sih? Gue bingung sih waktu itu, semacam si dosen ini kayak gak yakin sama apa yang dia bilang. 
Gue sempet ngilang berbulan-bulan karena gue sakit coped. Di situ gue seneng, yang berarti gue gak harus konsul ke dosen itu. Jujur aja ya, gue tiap kali konsul merasa cemas, gak tenang. I don't know why, tapi rasanya tuh tiap konsul si dosen ini semacam selalu bikin gue merasa selalu kurang. Ya maybe buat beliau itu bagus, artinya gue harus selalu tumbuh. Tapi kalo lo kelamaan dan keseringan digituin jadi merasa bete, insecure, dan bosen gak sih. Apalagi kalo dikasih tau lo salah tapi orang itu gak mau kasih tau letak salahnya dimana, yang bener gimana. Sialnya lagi, tiap kali konsul tuh selalu muter-muter gak jelas kayak yang gue jelasin di awal.
Misal nih konsul 1 hasil revisinya A, konsul 2 hasil revisinya B, konsul 3 hasil revisinya A lagi + lu "dimarahin" karena kok hasilnya bisa B gitu sih. LAHHHHH SAMPEYAN yang bilang begitu. Lagi dan lagi pasti alasannya gue gak baca. 
Aduh kalo dibandingin sama dosen gue yang sekarang, si dosen ini bener-bener kayak bukan tipe gue banget.
Ya gue akui gue gobs, lemot. Tapi kalo dikasih di kasih kritik dan saran ya bakal gue lakuin kok. Sesuai dengan yang lu mau. Karena pada akhirnya lu yang nilai gue. EHHH di sini malah gue yang disuruh mikir sendiri. Giliran gue udah menuangkan tulisan gue, malah dibilang "ini gimana sih". LAHHHH.



After all of the dramas, gue memilih mundur demi kesehatan mental gue. Sejujurnya sih gue ada dosen lain juga, yang nyata lebih kalem, sabar, santuy, daripada si dosen awal. Part yang bikin gue memutuskan mundur ya masalah perkonsulan itu sih. Kalo selain itu gue masih ngerasa enjoy-enjoy aja sebenernya. Tapi kan yang mengambil banyak bagian dari tugas akhir tuh konsultasi, jadi mau ya gak mau, daripada gue gila, gue memilih untuk memulai lagi dari 0 macem isi bensin.
Sekarang sih gue lagi di tahap ngerjain revisi (bahkan waktu tulisan ini dibuat, gua lagi ngerjain revisi). Tugas akhir yang gue kerjain sekarang tuh tugas akhir gue yang ketiga. Jadi setelah out dari dosen pertama, gue cari dosen kedua. Awalnya ok. Gue buat proposal, eh ditolak karena full. Ya gak masalah sih meskipun agak kesel dan bingung juga. Cuman akhirnya gue bisa masuk ke dosen gue yang ketiga ini dan lancar sampe sekarang. Bahkan gue ujian proposal berasa gak ujian ehehehehe.

SO.....kayaknya segitu dulu yang bisa gue ceritain di part TTD 2. Next bakal bahas apa lagi? Tunggu aja, ntar juga kepikiran. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar