Kamis, 21 Januari 2016

Memang Berbeda

Setelah lama vakum dan gak tau mau nulis apa. Akhirnya terbesit dalam benak gue. Sebenernya, Pramuka dan Pecinta Alam itu sama atau beda? Oke, kali ini gue bakal ngasih opini gue tentang masalah itu.
Menurut gue, Pramuka dan Pecinta Alam itu dibilang mirip bisa dibilang beda jauh juga bisa. Miripnya ya… di Pramuka dan Pecinta Alam sama-sama mengenal sandi, tenda, tali temali, P3K, dan alam. Sebenernya masih banyak lagi, tapi entah kenapa gue lupa.
Sandi. Udah jelas lah kalo anak Pramuka itu terkenal dengan kode-kodean-nya. Kalo PA (pecinta alam) sendiri ngegunain sandi kalo dia lagi tersesat. Setahu gue Cuma itu, ya… untuk mendapatkan bala bantuan.
Terus apa gunanya tenda, tali temali, P3K buat anak PA? Tentu saja buat bertahan hidup. Survive di alam liar. “Sebenernya, survival itu bisa diterapin di mana? Apa sebatas di hutan atau gunung?” Kalian yang beranggapan kayak gitu salah besar. Survival itu bukan Cuma untuk di hutan, gunung, atau alam liar yang masih banyak dijumpai belukar. Di kota juga bisa. Misalnya, manajemen keuangan kamu, menggunakan uang sebaik mungkin sebelum Hari Minggu tiba. Dasar anak kos :v
Tapi menurut gue jadi anak PA itu lebih bebas dan gak terikat aturan. Di PA gak ada PBB beda sama Pramuka. Lomba-lombanya juga sedikit dan umum, jadi lawannya gak sebatas anak SMA tok. Pramuka dan PA punya seragam kebanggaan sendiri. Kalo Pramuka udah jelas seragam Pramuka, tapi kalo PA, biasanya jaket warna hitam+bendera merah putih di lengan. Kebanyakan sih gitu.
PA sama Pramuka sama-sama seru kok. Tergantung lo dan ortu lo suka yang mana. “Kenapa bawa-bawa ortu segala, Sen?”. Ya… masalah anak PA itu disini. Perizinan orang tua itu sangat penting. Banyak masyarakat yang berstigma (ciri negatif yg menempel pd pribadi seseorang krn pengaruh lingkungannya) sama pecinta alam. “Anak PA itu urakan, gak jelas, suka keluyuran, kamu gak boleh ikut.” Biasanya pada gitu. Padahal ya, PA Smansa itu beda. Jangan berpikir kalo anak MG itu orangnya sangar, kuat, tegar, anti-baper. Kami juga sama seperti kalian. Kalo gue sendiri milih ikut MG gara-gara gue suka jalan-jalan dan gue mau melawan rasa takut ketinggian. “Ada banyak hal indah yang bisa lo lihat dari ketinggian” itu sih menurut gue. Gue butuh tempat untuk menyalurkannya dan gue temuin itu di MG. Kalo di PA lain… gue gak berani ngomong, entar salah lagi. Hehe :D

Oke mungkin gitu aja. Fin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar