Jumat, 04 September 2015

Satu Tahun Penantian

Jiah, judulnya puitis amat, padahal gak mau bikin puisi. Jadi gini, gue mau cerita tentang satu tahun penantian gue biar bisa jadi seorang kakak kelas, seorang senpai. Mungkin ini juga yang dialami sama temen-temen angkatan gue.

Namanya juga anak baru, pasti dulunya punya senior alias senpai alias kakak kelas. Apalagi kalo masuk ekskul, dijamin deh bakal kerasa ‘kesenioritas’annya. Bagi seorang anak baru kita pasti kesel kan kalo harus selalu nurut peraturan ‘Senior selalu benar. Jika senior salah kembali ke peraturan sebelumnya’. Saking keselnya, gue kadang pengen cepet-cepet naik kelas biar bisa rasain gimana sih rasanya jadi senpai. Ternyata, jadi mereka itu susah.

Hal itu baru gue rasain waktu gue jadi sebuah panitia proker di sekolah dan rasanya bener-bener capek banget. Lebih capek daripada pesertanya malah. Itu baru awalnya. Makin ke sini, makin kerasa susahnya jadi senpai. Yang harus makmurin ekskul lah, yang harus ngurus jadwal latihan lah, yang harus ini lah, yang harus itu lah, ternyata beda dari dugaan gue dulu. Sekarang, menurut gue slogan ‘Senior selalu benar’ itu ada benernya juga. Gak mungkin seorang kakak kelas yang udah tau lebih dulu tentang keadaan yang bakal ‘diujicobakan’ ke adek kelasnya dibuat secara tidak kompeten, sembrono, macem-macem, dsb. Pasti mereka juga udah membertimbangkan sisi baik dan buruknya. Gue malah jadi merasa bersalah sama kakel. Mereka bentak-bentak begitu pasti juga ada alesannya. Mungkin angkatan bawah itu manja, gak serius, atau yang lainnya.


Namun di sisi lain, jadi seorang senpai gak melulu dirundung kesedihan, kadang kala seorang senpai juga bisa bahagia manakala kouhai-nya bersemangat. Itu yang gue rasain Jumat kemaren. Pada acara kumpul rutin, seperti biasa kita semua kumpul di bawah pohon beringin di depan sekolah. Beda dari tahun lalu, dulu yang dateng bener-bener gak sebanding sama ini. Sekitar 25 orang kumpul di situ, belum lagi ada yang telat, jumlahnya bisa lebih dari 25 pastinya. Kesenangan gue berawal di situ. Setelah acara dibuka, seperti biasa kita pemanasan terus lari. Bedanya, kalo dulu di suruh lari ogah-ogahan, sekrang di suruh lari ya masih ogah-ogahan sih, tapi rasanya lain sama dulu. Dulu masih mikirnya “Senpai ngeselin”, sekarang mikirnya “Hore, kita bisa lari bareng”. Sesuatu gitu rasanya :v . 
Makin sore, acara kumpul rutinnya makin seru. Kita juga bisa ngajarin adek kelas gimana caranya ini dan itu. Pokoknya seru. Meskipun acara ini akhirnya harus berakhir tapi gue merasa gak nyesel dengan satu tahun penantian gue. Sebagai seorang senpai yang baik, gue juga tetep punya tanggung jawab begitu juga temen-temen yang lain. Jadi gak cuma ngasal aja. Ya … begitulah. Fin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar